Rabu, 22 Desember 2010

Bukti Dahsyatnya Internet untuk Berbisnis


Tonton Taufik, 35 tahun, eksportir mebel pemenang Primaniyarta 2007, punya data menakjubkan soal kekuatan Internet. Data ini sebenarnya mudah ditemukan jika seseorang menelusuri jejaring maya Internet. Tapi jika diungkapkan oleh seorang Tonton, efeknya jadi lain. Soalnya Tonton mengalami langsung kedahsyatan Internet mendongkrak bisnisnya.

Bayangkan, tahun 1999 lalu Tonton memulai bisnisnya dengan hanya bermodalkan seperangkat komputer. Jika ditotal investasi perangkat ini hanya sekitar Rp 5 jutaan. Saat itu dengan bermodal komputernya yang terhubung ke Internet Tonton memulai usahanya dengan menawarkan mebel dari pembuat mebel di Cirebon. Ia memasang penawaran jual mebelnya di sebuah portal bisnis. Tak berapa lama mebelnya terjual.

Sekarang ia bukan lagi menjualkan mebel punya orang karena ia sudah memiliki pabrik mebel rotan sendiri. Menurut Tonton, omset eskpornya sekarang mencapai sekitar Rp 2 miliaran sebulan. Bukankah itu luar biasa?

Data ini sudah menarik. Tapi ada data lain yang juga menakjubkan. Dalam perkembang industri komunikasi, kata Tonton, waktu yang diperlukan radio untuk memperoleh 50 juta pelanggan dibutuhkan waktu selama 38 tahun. Setelah itu lahirlah televisi yang dianggap canggih di jamannya. Namun waktu yang diperlukan televisi untuk mencapai pelanggan 50 juta orang adalah selama 13 tahun. Berapa lama dibutuhkan Internet untuk meraih jumlah pelanggan yang sama? “Cuma 4 tahun,” kata Tonton pada Dialog dan Pameran “Mengatasi Krisis Bersama UMKM Melalui Gerakan Cinta Produk Dalam Negeri” siang tadi (4 Februari 2009) di Hotel Sahid Jakarta.

Dari sektor bisnis, ada perbandingan lain yang juga mengagumkan. Berapa lama waktu diperlukan seorang Henry Ford (pengusaha mobil AS) untuk memperoleh US$ 1 miliar pertamanya? Jawabnya 25 tahun. Lalu berapa lama diperlukan Bill Gates (pembuat softwareMicrosoft) untuk mencapai jumlah yang sama? Jawabnya 12 tahun. Lalu siapa pebisnis Internet yang bisa disandingkan dengan kedua tokoh besar bisnis tadi? Tonton memilih Jeff Bezos, pengusaha yang menjual buku melalui Internet dengan nama Amazon.com. Masalahnya, berapa lama Jeff Bezos memperoeh US$ 1 miliar pertamanya? “Ternyata cuma 3 tahun,” kata Tonton. Jadi, Internet memang dahsyat.

Nah, Tonton punya tips mendorong ekspor Indonesia dengan kekuatan Internet. Ia meramunya dari pengalamannya mengekspor mebel rotan melalui Internet. (1) Pemberantasan 3 buta yaitu buta bahasa asing (Inggris), buta komputer, dan buta Internet. (2) Kampanye Penggunaan Internet untuk berdagang. (3) Pembuatan direktori eksportir Indonesia yang search engines friendly dan user friendly. Nah, Anda sudah membaca cerita Tonton ini sebaiknya mencoba rahasia sukses Tonton tadi. Menembus dunia jadi lebih mudah dengan Internet.(Den Setiawan,den.setiawan@yahoo.co.id)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar